BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sebelum tahun 1997, Samsung lebih
dikenal dengan reputasinya sebagai perusahan pembuat peralatan elektronik
dengan produk-produk low-end. Perusahaan tersebut hanya dikenal sebagai
imitator, bukan innovator karena memang tidak melakukan inovasi-inovasi produk
pada saat itu. Produk-produk kompetitif berdasar pada low cost yang
direfleksikan dengan tenaga kerja yang murah. Samsung belum mempunyai brand
value dan belum memiliki pasar internasional. Strategi yang dilakukannya pada
saat itu adalah cost/ price leadership.Ketika terjadi krisis ekonomi di Asia,
Samsung mengalami kerugian yang besar, namun dia dapat merespon dengan sangat
baik. Ia mengembangkan turnaround strategy, meskipun masih membawa kebudayaan
tua Korea Inc yang tidak fleksibel. Samsung memperbaiki kualitas dan melakukan
inovasi-inovasi produk.
Samsung berfokus pada pasar-pasar tertentu, ia
memilih fokus pada pasar dengan permintaan terbesar, pasar Amerika yang
perkembangannya tinggi, juga pada pasar yang pertumbuhannya cepat, yaitu
China.Yun Jong Yong, CEO Samsung, menggunakan cara tradisional untuk
memperbaiki keadaan ekonomi Samsung pada saat itu. Ia memotong 30% biaya dalam
5 bulan. Untuk itu ia memberhentikan 30.000 dari 70.000 karyawan. Dan Juga
membuang unit-unit yang tidak bermanfaat. Prestasi terbesar Yun adalah
perubahan ke arah corporate culture.Samsung kemudian berkembang menjadi
perusahaan berskala internasional. Dimulai dari menyewa staf yang berpendidikan
Amerika atau berpengalaman secara signifikan di USA. Tiga warga yang bukan
berasal dari Korea Selatan menjadi anggota komisi direktur. Warga asing
memiliki 60% saham dari grup. Perusahaan sekarang menghasilkan 70% dari
pendapatannya di luar Korea Selatan, manufaktur di 14 negara, termasuk China
dan Meksiko.
Samsung juga mengadakan partnership dengan American.
Pada awal tahun 1997, Samsung hampir tidak berbisnis mobile phones di luar
Korea Selatan, tapi kemudian setelah mengadakan partnership, Samsung memperoleh
pesanan 1.8 juta handsets senilai $600 juta dari Sprint PCS Group. Reputasi
Samsung sekarang adalah high-end mobile handsets dan berkembang sebagai
supplier pada industri ini.Setelah mengadakan partnership dengan beberapa
perusahaan ternama seperti Best Buy, Radio Shack, dan Circuit City, Samsung
lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2001 Samsung menjual
produk-produk senilai $500, dan menargetkan penjualan $1 miliyar di tahun 2002.
penjualan terbaiknya adalah DVD/VCR player dan mobile phone dan juga PDA.Salah
satu kunci sukses Samsung terletak pada desain. Teknologi dan desain pada
Samsung sangat baik.
Samsung memiliki 300 desainer bertalenta di
Seoul dan empat kantor desain di USA, Eropa, dan Jepang. Penekanan produknya
adalah pada gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada
perubahan-perubahan pasar.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apa Visi, Misi, Tujuan dan strategi PT. Samsung?
2.
Bagaimana pengembangan Visi Misi PT.Samsung. ?
3.Bagaimana
identifikasi Peluang, Tantangan, Kelemahan dan Kekuatan Perusahaan?
4. Seperti apa EVA
dan IFA perusahaan?
5. Berapa skor setelah dibandingkan dengan
perusahaan pesaing?
6. Bagaimana
Analisis SWOT perusahaan?
7.
Bagaimana rekomendasi spesifik, tujuan jangka panjang dan pengaplikasiannya?
8.
Bagaimana rekomendasi tujuan tahunan perusahaan serta apa saja tahapan-tahapan
review dan evaluasi strateginya?
1.3 Tujuan Penulisan
1.
Mahasiswa dapat mengetahui manajemen strategi dari Samsung
2. Mahasiswa mendapatkan informasi lebih jelas
mengenai manajemen strategi yang digunakan oleh Samsung
3.
Mahasiswa dapat memahami mengenai manajemen strategi Samsung
BAB
II
PEMBAHASAN
1.1 VISI, MISI, Tujuan dan Strategi
Perusahaan
2.1.1
Visi Samsung Electronics
“Menjadi
pemimpin pergerakan konvergensi digital”.
Arti dari visi tersebut adalah Samsung
meyakini bahwa melalui inovasi teknologi saat ini, mereka akan menemukan solusi yang diperlukan untuk
menghadapi tantangan hari esok. Teknologi membuka kesempatan bagi bisnis untuk
tumbuh, bagi warga negara di pasar yang sedang berkembang untuk hidup sejahtera
dengan memasuki tahap ekonomi digital, dan agar masyarakat dapat menemukan
peluang baru.
2.1.2 Misi
Misi dari Samsung Electronics adalah menjadi
“digital-εCompany” yang terbaik yaitu:
Digital : a. Menciptakan
produk dan layanan teknologi yang memimpin industri.
b. Menempatkan manajemen dan proses produksi yang
paling efisien.
Company : Mempertahankan fokus yang mantap untuk
memperkuat organisasi demi terus menjadi pemimpin teknologi global dan
perusahaan yang terpercaya.
2.1.3 Strategi Perusahaan
Secara umum, strategi pemasaran samsung
untuk memasarkan produk adalah dengan strategi yang didasarkan pada
differensiasi produk, dan penentuan posisi pasar yang tepat dan terarah,
membuka perusahaan anak di negara yang bersangkutan serta dengan menggunakan
sole agent importer. Secara spesifik, strategi pemasaran bergantung kepada
perusahaan anak di masing-masing negara. Produk Samsung diimpor langsung dari
Korea Selatan, dan kemudian disebarluaskan di dunia dengan strategi penentuan
posisi pasar dan bauran pemasaran, yang didasarkan pada strategi differensiasi
produk. Produk yang inovatif, harga yang seragam, dan sesuai dengan produk yang
dipasarkan, saluran distribusi dengan dua agen besar, promosi dengan above the
line dan bellow the line, serta pelayanan yang memuaskan, membuat produk Samsung
diminati oleh banyak masyarakat dunia khususnya asia. Hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya penjualan produk Samsung dari tahun ke tahun.
2.2 Pengembangan Visi dan Misi Perusahaan
2.2.1 Identifikasi visi
: perusahan saat ini sudah menarjetkan mencapai tarafinternasional. Visi ini
sangatlah berperan penting dalam kemajuan Samsung karena melalui visi,
perusahaan mempunyai tujuan yang jelas dalam operasionalnya. Visi kami melihat
100 tahun ke depan dan aktif sesuai dengan skala prioritas dan daya saing
dengan tujuan akhir menjadi pemimpin industri jangka panjang.
2.2.2 Identifikasi
Misi :
1. Customers: Secara
relatif produk samsung berada pada posisi sedang tetapi tergolong rendah 2.47
artinya produk ini masih belum cukup menarik minat konsumen terutama dari segi
harga yang dipengaruhi oleh stabilan suatu negara. Produk samsung merupakan
produk yang digunakan sehari-hari dalam rumah tangga.
2. product or service
: Produk yang telah dihasilkan oleh samsung ialah kulkas, TV, DVD, Mesin cuci,
Handphone, Tablet, Iphone dan Camera. Samsung juga menyediakan berbagai produk
yang digunaakan untuk keperlyan kantor seperti Printer, Layar Plasma, Serat
optik, Kompresor, LCD ,dll.
3. Markets :
Pemasaran produk Samsung akan bersaing dengan produk Apple dan Blackberry.
4. Teknologi :
Teknologi yang digunakan Samsung untuk pembuatan produk untuk emerging industry
merupakan technological know-how atau multifaceted technology. Technological
know-how dikembangkan di dalam perusahaan pionir, sementara multifaceted
technology terdiri dari upaya-upaya kolaboratif atau paralel dari beberapa
perusahaan dan mungkin menjadi persaingan dalam pendekatan teknologi.
5. Concern for
survival, Growth, and profitability : Samsung meyakini bahwa manajemen yang
beretika bukan hanya alat untuk menjawab perubahan cepat di lingkungan bisnis
global, malainkan juga sebuah sarana untuk membangun kepercayaan pada para
pihak yang berkepentingan, termasuk pelanggan.
6. Self-concept : Samsung
berkomitmen untuk mematuhi berbagai undang-undang dan peraturan setempat serta
menerapkan pedoman perilaku global yang ketat pada semua karyawan. Samsung
meyakini bahwa manajemen yang beretika bukan hanya alat untuk menjawab
perubahan cepat di lingkungan bisnis global, melainkan juga sebuah sarana untuk
membangun kepercayaan pada para pihak yang berkepentingan, termasuk pelanggan,
pemegang saham, karyawan, mitra bisnis, dan masyarakat setempat. Dengan tujuan
menjadi salah satu perusahaan yang paling beretika di dunia, Samsung terus
melatih para karyawannya dan menjalankan sistem pemantauan, sekaligus
mempraktikkan manajemen perusahaan yang jujur dan transparan.
7. Philosophy : yang
menjadi salah satu smartphone terbaik
yang mendukung pertumbuhan pasar. Empat tahun yang lalu telah memulai
perjalanan untuk membawa konsumen kami ke sebuah produk yang memberikan pengalaman
tampil yang lebih baik, produktifitas mobile dan S pen yang keluar dari
kebiasaan dan jauh dari konvensional.
8. Concern for public image : samsung menyediakan sarana
kepada karyawan dan penduduk setempat untuk mencapai sasaran mereka dan
meningkatkan kehidupan masyarakat.
9. Concern for
employees : Peduli tentang
keprihatinan karyawan atas kesehatan mereka pendidikan anak, pensiun hidup dan
membantu mereka dalam rangka untuk meningkatkan kepuasan karyawan dan
memberikan kerja yang lebih baik.
2.3
Identifikasi peluang dan tantangan eksternal
perusahaan
2.3.1 Peluang
Samsung
memiliki peluang yang besar dalam meningkatkan keuntungannyakarena adanya daya
beli yang tinggi dari masyarakat. Dengan respon dari masyarakatyang cepat
terhadap perubahan atau pertumbuhan pasar, Samsung bisa menggunakanpeluang ini
untuk lebih meningkatkan penjualan produk mereka. Apalagi di daerahkota Manado
yang mayoritas masyarakatnya bergengsi tinggi yang selalu inginmemiliki sesuatu
yang baru dan popular.Pada zaman ini teknologi berkembang mengikuti
perkembangan zaman. Peluangyang dapat diambil Samsung dari hal ini adalah
denganmengeluarkan produk denganmenggunakan teknologi terbaru seperti Sbeam ,
teknologi terbaru yang hanya dimilikioleh produk Samsung.
Banyaknya cabang yang dibuka di berbagai
tempat merupakanpeluang yang besar yang memungkinkan Samsung untuk menjangkau
lebih banyak konsumen. Samsung juga bisa membuat hardware untuk produk mereka
daripadaharus mengambilnya dari pihak luar. Hal ini bisa mengurangi biaya dan
menjaditerobosan baru bagi Samsung sebagai keunikan tersendiri yang membedakan
denganperusahaan lain. Melihat zaman sekarang ini banyak anak muda yang ingin
berkreasisesuai dengan kreatifitas mereka. Untuk itu dengan melihat peluang ini
Samsungmenyediakan produk yang memiliki aplikasi unik yang bisa membantu
konsumendalam menyalurkan kreatifitas mereka.
2.3.2 Tantangan
Di Indonesia mayoritas penduduknya
menggunakan Blackberry yang memilikiaplikasi BBM sehingga sulit bagi Samsung
untuk mempromosikan produknya padakonsumen yang sudah terbiasa menggunakan
Blackberry. Begitu juga denganancaman dari pesaing yang mengeluarkan produk
yang lebih murah dengan kualitasyang serupa dengan produk Samsung. Jika Samsung
tidak merespon maka Samsungbisa kalah bersaing dengan kompetitornya. Dimana
beberapa kompetitor dalamproduk
gadget yaitu Apple, Blackberry
dan Nokia.
2.1.3Tujuan
Tujuan
dari Samsung Electronics adalah mengembangkan teknologi yang inovatif dan
proses efisien yang menciptakan pasar baru, memperkaya hidup semua orang, dan
terus menjadikan Samsung sebagai pemimpin digital yang terpercaya.
No Key Internal
Factors Weight Rating Weighted Score
|
||||
Opportinities
|
||||
1
|
Daya
beli dan respon masyarakat yang tinggi terhadap perubahan pasar
|
0.13
|
3
|
0.39
|
2
|
Teknologi
mengikuti perkembangan zaman
|
0.14
|
4
|
0.56
|
3
|
Memiliki
banyak cabang sehingga menjangkau lebih banyak konsumen
|
0.12
|
3
|
0.36
|
4
|
Mampu
dalam membuat harware sendiri
|
0.09
|
3
|
0.27
|
5
|
Memiliki
aplikasi yang mampu mendorong kreatifitas
|
0.08
|
2
|
0.16
|
Threats
|
||||
6
|
Keterangan
orang Indonesia akan aplikasi BBM pada Blacberry
|
0.12
|
2
|
0.24
|
7
|
Harga
yang telah murah dengan kualitas serupa dari pesaing
|
0.10
|
1
|
0.10
|
8
|
Konsumen
memIliki banyak pilihan
|
0.09
|
3
|
0.27
|
9
|
Pasar
yang semakin kompetitif
|
0.13
|
2
|
0.26
|
Total
|
1.00
|
2.61
|
||
2.4 Bandingkan dengan Perusahaan Pesaing
2
The
Competitive Profile Matrx (CPM) for PT Samsung Tbk
|
||||||||
Samsung
|
Blackberry
|
Apple
|
||||||
o
|
Critical Success
Factors
|
eight
|
Ating
|
eighted Score
|
aating
|
eighted Score
|
ating
|
eighted Score
|
1
|
Advertising
|
.12
|
4
|
.48
|
3
|
.36
|
2
|
.24
|
2
|
Customer
Loyalty
|
.12
|
3
|
.36
|
4
|
.48
|
3
|
.36
|
3
|
Customer
Service
|
.18
|
2
|
0.36
|
3
|
.54
|
2
|
.36
|
4
|
Financial
Position
|
.16
|
4
|
.64
|
2
|
.32
|
4
|
.64
|
5
|
Global
Expansion
|
.14
|
3
|
.42
|
2
|
.28
|
3
|
.42
|
6
|
Price
Competitiveness
|
.14
|
3
|
.42
|
2
|
.28
|
3
|
.42
|
7
|
Product
Quality
|
.15
|
4
|
.60
|
2
|
.30
|
4
|
.60
|
total
|
1
|
.25
|
.41
|
.14
|
||||
Blackberry : Blackberry pernah menjadi
raja di pasar smartphone berkat keyboard pada ponsel mereka, meskipun besar
tetapi nyaman untuk digunakan. Selain itu, ponsel blackberry merupakan
satu-satunya ponsel yang memiliki BBM. Meskipun begitu tampaknya sekarang
blackberry memiliki rencana untuk kembali menguasai pasar smartphone. Dan juga
blackberry sedang mengerjakan sebuah proyek untuk membuat ponsel baru.
Apple : karena Samsung ditahun 2015
mengalami masa masa sulit dalam penjualan ponsel didunia sedangkan apple yang menjadi
kompetitor melonjak cepat dipenjualan Iphone 6 sebanyak 48,9% selsma periode
yang sama. Ditambah lagi merk lain banyak yang jauh lebih inovatifdan mampu
menghadirkan ponsel dengan spesifikasi sama dengan samsung tetapi harga lebih
murah.
2.5Identifikasi
kekuatan dan kelemahan Internal factor analysis summary – IFASMatrix Pada Samsung
2.5.1
Kekuatan
Nama
Samsung sudah dikenal sejak industri pasar elektroniknya dimatakonsumen
dipercayai sebagai salah satu produk unggulan, sehingga memungkinkanpasar gadget
nya dengan mudah masuk ke dalam pasaran
di Indonesia khususnyaManado sendiri. Hal ini menyebabkan pasaran Samsung Mobile dengan cepatmenjarah dan menarik minat
beli konsumen yang dapat dikatakan tinggi. Apalagididukung dengan kualitas
smart phone yang unik disertai berbagai inovasi teknologibaru yang mampu
menyeimbangi perkembangan globalisasi modern sekarang ini.
Samsung mobile memiliki beranekaragam
tipe baik itu yang masihmenggunakan tombol sebagai input maupun hingga
penggunaan teknologi touchscreen yang disertai dengan berbagai tingkatan harga,
menjadi keunggulan merekadalam memenuhi permintaan masyarakat yang berbeda-beda
dan sangat tergantungpada faktor finansial maupun kebutuhan. Hal ini dapat
dilihat dari munculnyaSamsung Galaxy S yang memiliki berbagai fitur unik yang
disertai dengan spesifikasiyang tinggi, serta Galaxy Note yang disertai stylus
pen yang memungkinkanpengguna berkreatifitas dengan penggunaan pen tersebut.
Oleh karena luasnya jenisproduk yang mampu ditawarkan, menjadikan Samsung
sebagai pemimpin pasar terkuat dalam gadget . Hal ini dilihat dari keberhasilan
Samsung dalam menggeser Nokia sebagai pembuat ponsel terbesar dunia dan
mengalahkan Apple dalam halpembuat smartphone terlaris di dunia.Keberhasilan
terbesar Samsung dalam pasaran ponsel ini mulai mendapatkanperhatian masyarakat
sejak Samsung mulai bekerja sama dengan perusahaan Googledalam penggunaan
software Android yang menyediakan berbagai aplikasi-aplikasiterdepan, juga
didukung dengan kemampuan pengadaan hardware yang canggih danmemiliki daya
saing yang tinggi.
2.5.2
Kelemahan
Permasalahan yang paling sering didapati
adalah kuantitas produk yangdisediakan oleh pihak Samsung tidaklah sebanding
dengan jumlah permintaankonsemen, baik dikarenakan keterbatasan jumlah produk yang
dijual ataupundikarenakan produk tersebut sudah tidak diproduksi lagi. Akibat
dari terbatasnya jumlah produk ini membuat konsumen harus menunggu lama untuk
mendapatkanbarang yang mereka inginkan dan dapat berdampak pada penurunan
loyalitas pembeli.Adapun sering kali didapati pada counter-counter Samsung di Manado pelayanan dari karyawan masih kurang memuaskan karena
keterbatasan kemampuan mereka dalammemberi penjelasan akan produk yang mereka
tawarkan.
Kekurangan lain Samsung sendiri secara
global adalah adanya produk-produk tertentu yang dibatasi luas jangkauan
pasarannya hanya pada negara asal produksinyayaitu Korea, padahal minat
konsumen secara global akan produk tersebut cukup tinggi.Hal ini secara tidak
langsung mengurangi jumlah pendapatan Samsung secarakeseluruhan. Juga adanya
produk-produk yang dapat dikatakan tidak terlalu laris atautidak memiliki angka
penjualan setinggi produk lainnya, memiliki keterbatasan dalampembaharuan OS,
sebab dari Samsung Center sendiri tidak
memberikan fasilitastersebut. Hal ini menyebabkan pembeli yang menggunakan
produk tersebut merasadidiskriminasi sehingga mengurangi loyalitasnya.
IFE (Internal
Factor Evaluation) Matrix Pada PT Samsung Tbk
NO
|
Key Internal Factor
|
Weight
|
Rating
|
Weighted score
|
Strenght
|
||||
1. Memiliki
brand
image
yang terkenal dimasyaraka
|
0.10
|
3
|
0.30
|
|
2. Diversifikasi produk yang
berkualitas
|
0.12
|
4
|
0.48
|
|
3. Desain produk yang inovatif
|
0.10
|
2
|
0.20
|
|
4. Harga yang terjangkau oleh daya belikonsumen
|
0.08
|
3
|
0.24
|
|
5. Pemegang pangsa pasar global terbesar
|
0.70
|
4
|
0.28
|
|
6. Partnership
dengan perusahaan ternama(Google)
|
0.12
|
4
|
0.48
|
|
Weakness
|
||||
7. Persediaan barang tidak sebanding denganpermintaan
|
0.11
|
1
|
0.11
|
|
8. Tingkat pelayanan yang masih kurang
|
0.08
|
3
|
0.24
|
|
9. Penyebaran produk tertentu
terbatas hanyauntuk
negara tertentu
|
0.10
|
2
|
0.20
|
|
10. Terbatasnya
update
OS
untuk produk yangkurang diminati masyarakat
|
0.12
|
2
|
0.24
|
|
2.6
EFE MATRIKS
No Key Internal
Factors Weight Rating Weighted Score
|
||||
Opportinities
|
||||
1
|
Daya
beli dan respon masyarakat yang tinggi terhadap perubahan pasar
|
0.13
|
3
|
0.39
|
2
|
Teknologi
mengikuti perkembangan zaman
|
0.14
|
4
|
0.56
|
3
|
Memiliki
banyak cabang sehingga menjangkau lebih banyak konsumen
|
0.12
|
3
|
0.36
|
4
|
Mampu
dalam membuat harware sendiri
|
0.09
|
3
|
0.27
|
5
|
Memiliki
aplikasi yang mampu mendorong kreatifitas
|
0.08
|
2
|
0.16
|
Threats
|
||||
6
|
Keterangan
orang Indonesia akan aplikasi BBM pada Blacberry
|
0.12
|
2
|
0.24
|
7
|
Harga
yang telah murah dengan kualitas serupa dari pesaing
|
0.10
|
1
|
0.10
|
8
|
Konsumen
memiliki banyak pilihan
|
0.09
|
3
|
0.27
|
9
|
Pasar
yang semakin kompetitif
|
0.13
|
2
|
0.26
|
Total
|
1.00
|
2.61
|
||
2.7Analisis
SWOT
No
|
INTERNAL STRATEGIC POSITION
|
No
|
EXTERNAL STRATEGIC POSOTION
|
|||
Financial Strength (FS)
|
Rarings
|
Environmental Stabilities (ES)
|
Ratings
|
|||
1
|
Pendapatan
Samsung semakin meningkat setiap tahunnya dengan bertambahnya jumlah cabang
yang menambah jumlah penjualan
|
4.0
|
Perubahan
teknologi telekomunikasi sangat cepat
|
-4.0
|
||
2
|
Perputaran
persediaan Samsung yang relatif cepat karena tingginya daya beli masyarakat
|
3.5
|
Kisaran
harga persaingan yang lebih murah
|
-3.0
|
||
3
|
Ketatnya
persaingan di industry gadget
|
-3.0
|
||||
Rata-rata
|
3.8
|
Rata
–rata
|
-3.3
|
|||
Competitive Advantage (CA)
|
Industry Strength (IS)
|
|||||
1
|
Memanfaatkan
teknologi yang semakin canggih dalam inovasi produk baru
|
-3.0
|
Kondisi
Indonesia yang semakin berkembang memungkinkan penetrasi pasar Samsung masuk
dengan mudah
|
4.0
|
||
2
|
Kesetiaan
pelanggan dalam jumlah yang besar
|
-2.0
|
Pertumbuhan
industri gadget yang positif
|
2.0
|
||
3
|
Kualitas
produk dan layanan customer service
|
-3.0
|
||||
Rata-rata
|
-2.7
|
Rata-rata
|
3.0
|
|||
SWOT Matrix Pada PT Samsung Tbk
STRENGHTS-S
|
WEAKNESSES-W
|
|
11. Memiliki
brand
image
yang terkenal dimasyaraka
|
12. Persediaan barang tidak sebanding denganpermintaan
|
|
13. Diversifikasi produk yang
berkualitas
|
14. Tingkat pelayanan yang masih kurang
|
|
15. Desain produk yang inovatif
|
16. Penyebaran produk tertentu
terbatas hanyauntuk
negara tertentu
|
|
17. Harga yang terjangkau oleh daya belikonsumen
|
18. Terbatasnya
update
OS
untuk produk yangkurang diminati masyarakat
|
|
19. Pemegang pangsa pasar global terbesar
|
||
20. Partnership
dengan perusahaan ternama(Google)
|
||
OPPORTUNITIES-O
|
SO – STRATEGIES
|
WO– STRATEGIES
|
1.
Daya beli dan responmasyarakat yang tinggiterhadap perubahan pasar
|
1. Menambah jumlah produksi untuk produk yang paling diminati. (S4, O1)
|
1.
Menyediakan jumlah persediaan untuk produk baru di masing-masing cabangdengan
kuantitas yang mampu memenuhi jumlah permintaan.
(W1, O3)
|
2.
Teknologi mengikutiperkembangan zaman
|
2. Mengadakan
event
kreatifitas
secara
online
dengan menggunakan aplikasi dariSamsung sendiri. (S6, O5)
|
3. Mengadakan pelatihan bagi karyawan barudan lama agar mampu
memberikanpelayanan yang berkualitas. (W2, O3)
|
3. Memiliki banyak cabangsehingga menjangkau lebihbanyak
konsumen
|
4. Memperluas pangsa pasar seluruh jenisproduk tanpa pengecualian. (W3,
O1)
|
|
4. Mampu dalam membuathardware sendiri
|
||
5. Memiliki aplikasi yangmampu mendorongkreatifitas
|
||
THREATS – T
|
ST – STRATEGIES
|
WT – STRATEGIES
|
1.
Ketergantungan orangIndonesia
akan aplikasiBBM pada Blackberry
|
1. Mendesain produk baru yang inovatif yang tidak bisa ditiru oleh
pesaing (S3,T2)
|
1.
Menyediakan sarana yang memungkinkankeseluruhan produk untuk diupdate
baik untuk produk yang paling diminati maupunyang kurang diminati (W4,
T4)
|
2.
Harga yang
lebih murahdengan
kualitas serupa dari pesaing
|
2. Menyediakan banyak jenis dan modelproduk yang unik dan berbeda dari
produk lain dan dijual dalam harga yangterjangkau (S2, T3, T4)
|
3.
Mendayagunakan SDM yang
kompetendalam memberikan
service
terbaik yangmenjadi salah satu faktor penarik minatkonsumen. (W2, T3)
|
3. Pasar yang semakin kompetitif
|
2.8
Rekomendasi
Strategi Spesifik dan Tujuan Jangka Panjang
Pada umumnya strategi spesifik dan tujuan jangka panjang
menggambarkan mengenai strategi yang di tempuh serta tujuan besar yang ingin
dicapai oleh perusahaan. Rekomendasi yang bisa kita ajukan pada PT Samsung mengenai strategi spesifikasi dan tujuan
jangka panjang perusahaan adalah sebagai berikut:
2.8.1
Rekomendasi Strategi Spesifik
Secara spesifik, strategi
pemasaran bergabung kepada perusahaan anak di masing-masing negara. Samsung
merupakan perusahaan anak di Indonesia,yang juga menggunakan soleagent importen
2.8.2
Tujuan jangka panjang perusahaan yang di rekomendasikan
Tujuan jangka panjang
perusahaan adalah bagaimana caranya perusahaan harus mampu beroperasi dalam
jangka panjang yang ditandai dengan tingkat laba yang memadai. Salah satu
caranya yaitu dengan selalu menjalankan strategi perusahaan yang sudah dibuat
dengan tujuan akhir mencapai visi dan tujuan akhir perusahaan. Selain itu perusahaan
haruslah menjadi leader market yang bisa menguasai pasar, dengan begitu
kekuatan perusahaan akan stabil dan akan bertahan dalam jangka waktu yang lama.
2.9
Spesifikasi
Bagaimana Rekomendasi tersebut Diterapkan
Rekomendasi yang kami
ajukan ke perusahaan seperti di atas dapat diterapkan dengan cara:
a.
Pada strategi anggaran dan pengawasan keuangan,
strategi ini menggunakan anggaran sebagai alat perencanaan dan pengendalian.
Tindakan manajerial didasarkan pada proyeksi jangka pendek dan berorientasi
pada fungsi bisnis perusahaan, dengan asumsi lingkungan stabil.
b.
Tujuan jangka panjang meliputi pertumbuhan aktiva
perusahaan yang pesat,pertumbuhan penjualan produk, keuntungan, pangsa pasar
yang luas, seberapa besar dan sifat diversifikasi, seberapa besar sifat dan
integrasi vertikal, penghasilan per saham, dan tanggung jawab sosial. Tujuan
tersebut memberikan arah, memberikan sinergi, membantu dalam evaluasi,
menentukan prioritas, mengurangi ketidakpastian, meminimalkan konflik,
merangsang pengerahan tenaga, dan membantu dalam mengalokasikan sumber daya dan
merancang pekerjaan.
2.10
Rekomendasikan
Tujuan Tahunan
Salah satu tujuan
samsung untuk tahun berikutnya adalah pertumbuhan yang cepat. Telah menetapkan target lebih dari 120 juta unit
dibanding tahun lalu dan juga untuk
mengungguli nokia serta menjadi no 1 di
dunia.
2.11
Rekomendasikan
Tahapan-Tahapan Review dan Evaluasi Strategi
Review dan evaluasi
strategi harus dimulai dengan pertanyaan manajerial mengenai harapan dan
asumsi, harus memicu kegiatan mengkaji ulang tujuan dan nilai, dan merangsang
kreativitas dalam menghasilkan alternatif dan merumuskan criteria evaluasi.
Manajer dan karyawan perusahaan harus senantiasa menyadari kemajuan yang dibuat
kearah pencapaian tujuan perusahaan. Dalam evaluasi startegi, seperti halnya
perumusan strategi dan implementasi strategi, manusialah yang membuatnya
berbeda. Lewat keterlibatan dalam proses review dan evaluasi startegi, manajer
dan karyawan bertekad untuk terus membuat perusahaan bergerak secara mantap dalam
mencapai tujuan perusahaan.
BAB III
PENUTUP
3.1
Simpulan
3.1.1 Tahap input stage dibedakan atas 3, dimana :
a. Kekuatan dalam faktor internal ( IFE
matrix) adalah adanya hubungan kerja samadengan perusahaan besar lain yaitu
Google dalam penggunaan software Androidyang juga mingkatkan kualitas produk
dari Samsung. Sedangkan yang menjadikelemahan adalah kuantitas produk yang
disediakan oleh pihak Samsung tidaklahsebanding dengan jumlah permintaan
konsemen.
b. Untuk EFE Matrix, yang menjadi
peluang terbesar Samsung adalah memiliki produk dengan teknologi yang mengikuti
perkembangan zaman sehingga menjangkau lebihbanyak konsumen, sedangkan ancaman
terbesarnya adalah banyaknya produk dengan harga yang lebih murah dan dengan
kualitas serupa dari pesaing.
c. Jika dibandingkan dengan pesaingnya
Apple dan Blackberry, secara total Samsungunggul dalam pasar gadget terbesar di
Indonesia.
3.1.2 Formulasi strategi untuk matching stage pada
Samsung dibedakan atas :
a. SWOT Matrix, strategi SO yang dapat
diformulasikan yaitu menambah jumlahproduk yang diminati dan mengadakan event .
Untuk strategi ST yaitu menyediakanproduk yang unik dan inovatif, dan strategi
WO yaitu memperluas pangsa pasar,serta strategi WT yaitu meningkatkan kualitas
SDM
b. SPACE Matrix, diketahui Samsung
berada pada Kuadran I, yaitu posisi Agresif.
c. Grand Strategy Matrix, Samsung
berada dalam kuadran I dikarenakan penetrasi padapasar dan pengembangan pasar
serta pengembangan produk yang ada merupakanstrategi yang sesuai.
3.1.3Nilai QSPM yang tertinggi adalah alternatif
strategi untuk menyediakan produk-produk baru dengan desain yang unik dan
berbeda dari pesaing.
DAFTAR
PUSTAKA
Review of Merit Casino: €600 No Deposit Bonus
BalasHapusIt has to be on your desk. There is a happyluke casino with a lot of features and the bonus is unique to it. The slot games and 메리트카지노 tables 바카라사이트 are